Cara Menghidangkan Kue Apem Gula Merah Anti Ribet!

Kue Apem Gula Merah

Ingin tau rahasia membuat kue apem gula merah yang lezat? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep kue apem gula merah terbaik! kue apem gula merah cocok untuk dipadukan dengan berbagai macam hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin lengkap.

Sebagian Besar orang malas mulai memasak kue apem gula merah karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kue apem gula merah! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Campurkan tepung terigu, tepung beras dan fermipan lalu sisihkan. Resep Kue Apem - Kue apem menjadi salah satu makanan yang cukup banyak digemari sebagian besar orang. Masukkan air gula merah hangat hingga semua adonan encer atau kental.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat membuat kue apem gula merah hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin kue apem gula merah yuk!

Untuk membuat Kue Apem Gula Merah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut :

  • Ambil 250 gram of tepung beras.
  • Dibutuhkan 60 gram of tepung tapioka.
  • Gunakan 450 ml of santan kelapa.
  • Dibutuhkan 250 gram of gula merah, disisir halus.
  • Sediakan 1 lembar of daun pandan, cuci bersih lalu ikat simpul.
  • Sediakan 1/2 sendok teh of vanilli bubuk (saya 1/4 sdt).
  • Dibutuhkan 1 sdm of ragi instan.
  • Ambil 1/2 sendok teh of garam dapur (saya 1/4 sdt).
  • Sediakan of Minyak secukupnya untuk mengoles cetakan.

Hasil: Resep Kue Apem Gula Merah. Kue Apem / Pak Thong Ko Gula Merah. Cara Membuat Kue Talam Gula Merah Yang Lembut dan Wangi. Hai hai haiiii jangan lupa dicoba yak resep kue Apem Gula Merahnya ?

Cara membuat Kue Apem Gula Merah :

  • Ambil panci, lalu masukkan santan kelapa serta daun pandan kedalamnya. Kemudian rebus sambil di aduk-aduk hingga mendidih. Angkat, lalu keluarkan daun pandan nya lalu sisihkan dulu biar dingin.
  • Selanjutnya, ambil wadah lalu campur kan bahan-bahan seperti tepung tapioka, tepung beras, ragi instan, garam dan juga gula merah. Aduk-aduk supaya rata.
  • Setelah itu ambil santan kelapa yang sudah dingin tadi, lalu tuangkan sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung sambil diaduk-aduk. Tambahkan vanilli bubuk, lalu aduk rata lagi. Kemudian diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam.
  • Berikutnya, ambil cetakan yang sebelumnya telah diolesi dengan minyak (supaya tidak lengket nanti hasilnya) lalu tuangkan adonan kedalamnya. Masukkan adonan kedalam tiap cetakan sampai habis.
  • Ambil panci pengukus lalu panaskan. Setelah cukup panas, masukkan dan tata kue apem gula merah nya kedalamnya, lalu kukus sampai mekar, matang dan empuk. (Saya 35 menit)
  • Setelah matang, angkat lalu keluarkan kue apem dari cetakan nya. Lalu siap untuk disajikan & dinikmati.
Cara membuat Kue Apem Gula Merah Kukus terbilang mudah dan tidak perlu menggunakan oven. Baca juga: Resep Kue Gandus Khas Jambi, Cocok Buat yang Tidak Suka Manis. Resep kue apem - Apem merupakan jajanan tradisional yang sudah ada sejak zaman dahulu. Dulu Apem hanya sebatas kue atau jajanan yang wajib ada dalam suatu acara seperti acara kenduri, selamatan dan lain-lain. Tetapi sekarang, Apem bisa di temukan dimana saja dan kapan saja.

Selamat mencoba resep kue apem gula merah! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.